Tuesday, March 8, 2011

Environmental Management System


Dunia Kapal Pesiar terdiri dari ribuan penumpang, yang setiap harinya tidak pernah lepas dari mengkonsumsi makanan, minuman, air, maupun aneka kebutuhan lainya.

Tidak mengherankan apabila setiap menit berjalan, kotak atau bak sampah berisi makanan, dan pipa-pipa pembuangan penuh dialiri air kotor dari setiap ruangan di dalam kapal.

Langkah perusahaan dalam menangani hal-hal yang berkenaan dengan lingkungan di sekitar biasa teratur dalam program yang disebut dengan E.M.S (Environmental Management System).

Obyek dan target yang diharapkan oleh pihak perusahaan dalam hal ini adalah keberhasilan dalam mengontrol setiap penanganan sampah yang benar yang tidak mencemari lingkungan, penyederhanaan (budgeting) dalam suplay air, pengontrolan dalam meminimalis kadar emesi dari Engine (mesin) dan sebagainya.
Secara teori , manajemen kapal senantiasa memberikan training khusus terhadap setiap karyawan yang baru, sebagai contoh program training tersebut adalah E.C.P (Environmental Compliance Program).

Dengan penerapan program tersebut diharapkan setiap karyawan mengerti dan peduli terhadap lingkungan di sekitar. Adapun informasi lain seperti kewajiban dan sanksi-sanksi terhadap pelanggaran terhadap peraturan, juga terangkum dalam program E.C.P tersebut.














Sumber: http://dammaster.com/2009/07/environmental-management-system/

No comments:

Post a Comment